Contact Us

Pembangunan Jembatan Baja Kokoh

Pembangunan Jembatan Baja Kokoh
30-01-2023
Konstruksi baja

Seberapa Penting Jembatan?


Jembatan merupakan bangunan yang sangat penting bagi kehidupan ultramodern saat ini. Kehidupan yang mobilitasnya sudah sangat banyak, dengan kondisi geografis daerah yang berbeda- beda contohnya di area Indonesia ini. Dengan kondisi geografis yang memiliki banyak pulau, gunung, lembah serta sungai membuat banyak area yang saling terpisah karena dilewati oleh aliran sungai.
Indonesia sendiri memiliki sungai yang sangat banyak sampai ratusan. Dari sini sudah dapat kita bayangkan bahwa jembatan sangatlah penting supaya orang- orang yang ingin melintasi sungai tersebut tidak perlu menyebrang menggunakan kapal lagi.

Maka dari itu pentingnya jembatan yang kokoh yang mampu menahan bobot yang berat serta tahan lama atau bisa berumur panjang. Baja merupakan salah satu bahan dari sekian banyak yang cocok dan juga tepat untuk dijadikan sebagai bahan pembangunan jembatan.

Keunggulan atau kelebihan baja 


1. Besi baja mempunyai kuat tarik dan kuat tekan yang tinggi, sehingga dengan material yang sedikit bisa memenuhi kebutuhan struktur.
2. Keuntungan lain bisa menghemat tenaga kerja karena besi baja diproduksi di pabrik, sehingga di lapangan hanya tinggal pemasangannya saja.
3. Setelah selesai masa layan, besi baja bisa dibongkar dengan mudah dan dipindahkan ke tempat lain, setelah masa layan, jembatan baja bisa dengan mudah diperbaiki dari karat yang menyebabkan penurunan kekuatan strukturnya.
4. Pemasangan jembatan baja di lapangan lebih cepat dibandingkan dengan jembatan beton dan memerlukan ruang yang relatif kecil di lokasi konstruksi. Ini adalah salah satu keuntungan dari jembatan baja ketika lokasi itu berhubungan dengan lokasi proyek padat dan sempit.
5. Rendahnya biaya pemasangan, jadwal konstruksi yang lebih cepat, dan keselamatan kerja sewaktu pemasangan lebih terjamin.

Baca Juga: Struktur Baja dalam Konstruksi


Apa Bahan Jembatan Yang Cocok?


Jembatan itu sendiri bukan hanya berbahan dari baja namun banyak juga yang memakai bahan beton, namun ternyata dibandingkan dengan beton baja merupakan salah satu bahan terbaik kita bisa lihat perbandingan dari kedua bahan itu.
Berikut perbandingannya
1. Daya
Perbedaan beton dan baja yang pertama terletak pada kekuatan masing- masing bahan. Baja lebih kuat dibandingkan beton dengan melihat dari segi kekuatan baja terhadap daya tekan yang lebih baik daripada beton. Dalam hal ini, daya maksimal beton hanya sekitar 100 Mpa. Sebagai contoh, baja jenis BJ37 dengan fy sekitar 240 Mpa dan fu sekitar 370 Mpa. Dengan contoh ini bisa disimpulkan baja sekitar tiga kali lebih kuat daripada beton.

2. Keluwesan
Rancangan bangunan sangat menentukan fleksibilitas beton. Apabila desain struktur yang dipakai lumayan kompleks, bekisting rumit dibutuhkan oleh beton. Sehingga, meski secara umum beton lebih mudah dibentuk dibandingkan baja, terdapat catatan mengenai desain konstruksi yang patut diperhitungkan.

3. Harga
Secara pengadaan bahan, harga beton memang lebih murah. Tetapi jika melihatnya dari segi pembangunan secara keseluruhan, beton jauh lebih mahal. Hal ini disebabkan membangun menggunakan beton membutuhkan proses yang memakan waktu lama dan position kesulitan tinggi, terutama pada bangunan dengan desain kompleks. Dengan demikian, proses pengerjaan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.
Di lain pihak, baja lebih mahal dari segi pengadaan. Akan tetapi jika melihat secara keseluruhan, harga baja lebih rendah sebab membangun memakai baja lebih cepat. Walhasil, biaya pembangunan keseluruhan memakai baja lebih rendah dibandingkan beton. Terbukti, banyak gedung atau jembatan, yang lebih condong pada baja dibandingkan beton.

4. Bobot Bahan
Perbedaan beton dan baja ke- 4 terdapat pada bobot bahannya. Mari ambil analogi saat sekolah dulu. Mungkin pernah memperoleh pertanyaan seperti ini. “ Mana yang lebih berat 1 kg kapas atau 1 kg besi? ” Walau sama- sama 1 kg, volume kapas jauh lebih banyak sebab berat jenisnya jauh lebih kecil dari besi. Dari sisi berat jenis, berat jenis beton adalah2.400 kg/ m3 sedangkan berat jenis baja mencapai7.850 kg/ m3. Jadi bajaterlihat lebih berat dari beton. Dilihat dari daya mekanis, baja lebih unggul daripada beton.

Baca Juga: Keuntungan Menggunakan Baja

Salah satu keuntungan besi baja dalam masalah keamanan strukturnya adalah besi baja mempunyai kekuatan struktur yang pasti bila dibandigkan dengan beton yang kekuatan strukturnya berubah berdasarkan campuran semen dan airnya. Karena diproduksi di pabrik, besi baja mempunyai kualitas yang seragam dan ketelitian ukuran yang tinggi daripada beton. Beban angin juga menjadi lebih kecil dalam jembatan yang memakai material baja. Ini dikarenakan material struktur dengan memakai baja lebih kecil daripada jembatan dari beton.