Contact Us

Keuntungan Menggunakan Baja

Keuntungan Menggunakan Baja
28-01-2023
Baja

Baja merupakan bahan baku penting bagi industri. Semua segmen kehidupan mulai dari peralatan dapur, transportasi, genset hingga pembangkit listrik, hingga kerangka bangunan dan jembatan menggunakan baja. Eksploitasi baja menempati urutan pertama di antara produk pertambangan logam, dan produknya mencakup hampir 95 persen produk logam.

Baru-baru ini, dunia industri dikejutkan dengan kabar bahwa kinerja (kekuatan dan masa pakai) baja meningkat dua kali lipat. Untuk mendapatkan baja dengan kekuatan yang sama dengan baja konvensional, Anda hanya membutuhkan setengah dari ketebalan dan berat material sebelumnya.

Baja super ini diperoleh dengan memurnikan struktur mikro menjadi seperlima dari sampel sebelumnya atau bahkan lebih kecil (kurang dari 1 mikrometer). Nakayama Steel, sebuah perusahaan di Jepang, berhasil memproduksi pelat baja super dengan kekuatan tarik 600 MPa atau sekitar 1,5 kali kekuatan tarik baja biasa.

Bagaimana baja dibuat?


Saat ini, pig iron diproduksi menggunakan tanur sembur yang mengandung kokas di lapisan bawah, kemudian batu kapur dan bijih besi. Pembakaran kokas menghasilkan gas CO yang naik ke atas saat oksida besi berkurang. Besi tereduksi meleleh dan terkumpul dalam tungku menjadi besi kasar yang biasanya mengandung C, Si, Mn, P dan S. Kemudian besi cair dipindahkan ke tungku lain (konverter) dan gas oksigen dihembuskan untuk mengurangi kandungan karbon. Dengan cara ini, sekitar 300 ton pig iron dapat diolah menjadi baja dalam waktu 15-20 menit.

Apakah baja memiliki daya tahan yang cukup?


Salah satu alasan utama mengapa baja digunakan dalam banyak proyek konstruksi adalah daya tahannya. Bahan ini memiliki rasio kekuatan-ke-berat tertinggi dari bahan bangunan lainnya. Oleh karena itu, baja sangat ideal untuk bangunan besar maupun kecil. Banyak bisnis dan pemilik rumah juga lebih memilih baja tahan api. Oleh karena itu bahan ini tidak menjadi penghambat api jika terjadi kebakaran. Hal ini berbeda dengan bahan organik seperti kayu yang mudah terbakar. Struktur baja dapat secara signifikan lebih ringan dari beton. Hal ini bisa membantu dalam mengurangi dampak lingkungan dari bangunan. Bahan yang lebih sedikit dan lebih ringan berarti menyediakan lebih banyak keuntungan.


Baca Juga: Keunggulan Baja dalam Konstruksi!

Keuntungan Menggunakan Baja dalam Konstruksi


1. Baja Sangat Fleksibel dan Serbaguna
Baja merupakan material yang sangat digemari pada saat besi tuang telah terupgrade menjadi baja karbon. Proyek konstruksi yang menggunakan material besi baja memiliki pangsa pasar hampir 50% untuk konstruksi apartemen ataupun bangunan komersial yang lainnya di Amerika. Hal ini karena sifat baja yang fleksibilitas dan sangat baik untuk dibentuk menjadi apa saja dengan dikombinasikan dengan material lainnya. Sifat fleksibilitas ini pula yang membuat baja menjadi pilihan yang menarik dalam konstruksi perumahan. Dengan demikian, para arsitek maupun desainer akan lebih mudah merancang bangunan secara artistik tanpa mengabaikan nilai keamanan serta ketangguhan bangunannya.

2. Perawatan Struktur Baja Lebih Mudah
Perawatan konstruksi besi baja akan jauh lebih mudah dan bahkan lebih murah. Karena material besi baja akan lebih tahan terhadap hama, pembusukan, rayap maupun faktor-faktor lain yang biasanya dapat menggerogoti material lain seperti kayu dan juga bambu. Kemampuan konstruksi besi baja dalam mempertahankan kekuatan inilah yang membuat bangunan menjadi lebih aman. Setiap bangunan pasti memiliki periode keausan, tetapi struktur bangunan dengan penggunaan besi baja bisa tahan lebih lama dari pada struktur yang dibangun dengan material yang lain.

3. Baja Lebih Kuat dan Tahan Lama
Kekuatan dan juga daya tarik dalam baja karbon membuat konstruksi besi baja lebih mampu untuk menahan berbagai cuaca dan kondisi seperti angin kencang, badai salju, banjir, kebakaran, dan aktivitas seismik seperti gempa bumi. Karena secara alami sifat besi baja karbon memang lebih tahan terhadap bencana alam. Contohnya pada kasus kebakaran, kerusakan pada bangunan bisa lebih diminimalisir karena besi baja memiliki sifat tahan api. Sehingga dapat dipastikan bahwa api akan menyebar lebih lambat pada konstruksi besi baja dibanding dengan material lainnya seperti kayu, plastik, ataupun bambu.


Baca Juga: Jenis dan Komposisi Baja