Contact Us

Struktur Baja dalam Konstruksi

Struktur Baja dalam Konstruksi
28-01-2023
Konstruksi

Apa itu struktur baja?


Struktur baja merupakan struktur bangunan yang umumnya terbuat dari komponen baja. Struktur ini biasanya saling terhubung satu sama lain agar dapat memberikan kekakuan penuh pada bangunan. Bahan utama untuk membuat struktur ini adalah besi dan karbon. Struktur baja adalah struktur logam yang terbuat dari komponen baja struktural yang saling terhubung untuk mengangkut beban dan memberikan kekakuan penuh. Karena tingkat kekuatan baja yang tinggi, struktur ini dapat diandalkan dan membutuhkan lebih sedikit bahan baku dibandingkan jenis struktur lain seperti struktur beton dan struktur kayu.

Dalam konstruksi modern, struktur baja digunakan untuk hampir setiap jenis struktur termasuk bangunan industri berat, bangunan bertingkat tinggi, sistem pendukung peralatan, infrastruktur, jembatan, menara, terminal bandara, pabrik industri berat. Bahan utama baja struktural adalah besi dan karbon. Selain itu ada mangan, logam campuran, dan beberapa zat kimia tertentu juga ditambahkan pada bahan utama itu guna menambah ketahanan.

Baca Juga: Keuntungan Menggunakan Baja!

Apa saja bentuknya?


Bentuk-bentuk struktur baja antara lain :

  • I-Beam: baja dengan bentuk penampang I
  • Z-shape: salah satu baja dengan pinggiran yang berlawanan dengan pinggiran yang lain
  • HSS-shape: bagian struktural berongga dengan bentuk meliputi persegi, persegi panjang, lingkaran (pipa) dan penampang elips
  • Angle: baja dengan bentuk penampang L (siku)
  • Struktural talang: balok berbentuk C atau baja dengan bentuk penampang C
  • Tee: baja dengan bentuk penampang T
  • Profil rel: bentuk-bentuk pegangan, umumnya untuk tangga seperti : Strap rail, Flanged rail, Baulk rail, Barlow rail, Flat bottomed rail, Double-headed rail, Bullhead rail, Tangential turnouts, Grooved rail
  • Bar: potongan metal, dengan bentuk potongan adalah persegi panjang namun tidak lebar hingga berbentuk
  • Rod: batangan metal panjang dengan penampang bulat atau kotak
  • Plate: lembaran logam dengan ketebalan mulai dari 4 mm
  • Balok web terbuka


Apa saja kelebihan struktur baja?


1. Konstruksi struktur baja lebih hemat biaya
Proyek pembangunan yang menggunakan struktur baja bisa lebih hemat biaya. Produksi lebih murah serta minim perawatan. Selain itu, 98% dari semua struktur baja dapat didaur ulang menjadi produk baja baru tanpa mengurangi fisik bahannya.


2. Pemasangan struktur baja lebih cepat
Ukuran komponen baja yang akurat mempercepat proses emasangan dan memungkinkan pemantauan menggunakan manajemen perangkat lunak.

3. Struktur baja lebih aman
Produksi struktur baja dilakukan di pabrik dan dipasang dengan cepat di lokasi konstruksi. Hal ini membuat struktur baja tetap aman. Berdasarkan survei di bidang industri menunjukkan bahwa struktur baja adalah solusi paling aman.

4. Struktur baja lebih fleksibel


Baca Juga: Keunggulan Baja dalam Konstruksi