Contact Us

Lampu Sorot Sebagai Fasilitas Umum

Lampu Sorot Sebagai Fasilitas Umum
01-02-2023
Lampu sorot

Apa itu lampu sorot?

Lampu sorot (atau lampu tembak) adalah lampu yang menyorotkan sinarnya ke satu arah saja.[1] Alat ini memproyeksikan cahaya yang bersumber biasanya dari Lampu busur karbon, dengan sebuah cermin reflektor parabola. Cahaya yang dilepaskan sejajar dan menuju suatu titik dalam arah tertentu, dan biasanya dirancang agar bisa berputar.
Lampu sorot atau yang dikenal juga dengan sebutan lampu tembak merupakan lampu yang menyorotkan sinarnya ke satu arah. Lampu sorot saat ini sudah memakai LED dengan cahaya yang terang dan berfokus pada satu titik. Pemakaian lampu sorot ini umumnya untuk menonjolkan suatu bagian agar terlihat lebih menarik.
Biasanya, jenis lampu sorot ini dimanfaatkan untuk menerangi area pertambangan, lampu jalan, , proses syuting film, konser, dan lain sebagainya.  Seperti lampu sorot pada taman dimana lampu sorot dipakai untuk mempercantik taman pada malam hari, atau lampu sorot untuk tempat parkir, dan sebagainya.
Baca Juga : Perbedaan LED FLOOD LIGHT dan LED SPOTLIGHT
Lampu sorot juga banyak digunakan pada event-event tertentu seperti konser musik, acara pernikahan, panggung hiburan dan lainnya.

Digunakan dimana saja lampu sorot ini?


Lampu serbaguna ini juga banyak digunakan pada fasilitas umum antara lain :
Mushola
Kapal 
Lapangan
Lampu penerangan jalan


Baca Juga : Tips Memilih PJU
Masing-masing fasilitas umum ini memiliki manfaatnya sendiri yaitu :
Mushola
pada mushola berfungsi sebagai dekorasi atau mempercantik mushola. Biasanya lampu sorot pada mushola digunakan untuk menyoroti kubah atau ornament di atas masjid. Suasana pada mushola pun terkesan damai dan terang. Lampu sorot yang digunakan pada mushola merupakan lampu sorot yang dipakai pada umumnya.
Kapal
Saat berlayar pada malam hari, tentu saja kapal membutuhkan pencahayaan untuk bergerak di lautan. Tanpa adanya cahaya, kita tidak dapat melihat apakah didepan kita terdapat kapal lain atau karang atau pulau dan dapat menyebabkan kecelakaan saat berlayar.
Lapangan
Lampu sorot untuk lapangan ini berfungsi sebagai penerangan lapangan pada malam hari. Dengan pemakaian lampu sorot, cahaya yang dihasilkan lebih terang sehingga tidak mengganggu aktifitas olahraga yang dilakukan pada malam hari.
Lampu Penerangan Jalan
Lampu sorot untuk penerangan jalan berfungsi untuk menerangi jalan saat malam hari. Jika berada di area kota yang banyak dilalui kendaraan, penerangan tentunya menjadi salah satu faktor kenyamanan pengemudi saat berkendara. Jika melewati jalan yang sangat gelap tanpa penerangan, tentunya pengemudi harus sangat hati-hati agar tidak terjadi kecelakaan.