Contact Us

Tips Memilih PJU!

Tips Memilih PJU!
29-01-2023
Konstruksi baja
Membeli PJU tentu membutuhkan perencanaan yang tidak main-main. Banyak hal yang harus diperhatikan, antara lain model, spesifikasi dan kondisi jalan itu sendiri. 

Bagaimana cara memilih PJU?


Tentukan tinggi tiang

Ketinggian tiang merupakan faktor penting dalam hal tiang lampu jalan. Ketinggian tiang mengubah cara cahaya didistribusikan. Oleh karena itu, Anda perlu menyesuaikan ketinggian lampu jalan untuk mendapatkan distribusi cahaya yang terbaik. Pada umumnya tinggi minimal tiang lampu PJU adalah 3 meter hingga puluhan meter, tergantung dari jenis dan kondisi jalan yang dinyalakan. Jalan membutuhkan lampu jalan yang dipasang lebih tinggi.

Baca Juga: Fungsi Tiang Lampu Jalan

Jarak pemasangan

Coba pikirkan ketika Anda masuk ke ruangan gelap, dibutuhkan setidaknya beberapa detik untuk menyesuaikan mata Anda. Hal yang sama berlaku jika Anda sedang berkendara di jalan yang terang benderang dan tiba-tiba semuanya menjadi gelap. Selain itu, lampu yang terlalu banyak juga dapat menimbulkan efek yang tidak menyenangkan karena menyilaukan dan membuat berkendara menjadi kurang aman.
Inilah pentingnya memperhatikan konsistensi pencahayaan dengan mengatur jarak antar penempatan tiang lampu. Menempatkan tiang lampu jalan pada jarak yang konsisten akan membantu Anda menciptakan pencahayaan yang konsisten. Alhasil, pengemudi tidak perlu terus-menerus mencoba beradaptasi dengan kondisi pencahayaan di jalan raya yang dapat menghalangi kemampuannya untuk melihat jalan dengan jelas. Perhitungan jarak pemasangan lampu sendiri dapat dihitung berdasarkan kuat pencahayaannya sehingga diperoleh jarak antar tiang yang ideal yang mempengaruhi kualitas pencahayaan lampu jalan. 

Tiang PJU untuk estetika

Penerangan jalan juga dapat memberikan suasana dan menambah keindahan dan daya tarik. Ini juga dapat digunakan untuk menandai tempat-tempat penting di kota, kawasan bisnis, atau area perumahan. Ini dapat dicapai dengan mendesain tiang lampu dekoratif. Tiang PJU dekoratif tidak hanya terlihat cantik di malam hari, tetapi juga menambah nilai estetika jalan perkotaan, sehingga dapat menambah warna dekorasi kota dan menarik perhatian masyarakat.

Selain tips di atas, berikut beberapa bahan dasar yang digunakan dalam pembuatan PJU, antara lain:

• Baja

Pelat baja yang dipotong dan disesuaikan dengan diameter tinggi standar dalam prosesnya adalah salah satu bahan yang paling umum digunakan. Bahan jenis ini dikenal kuat dan tahan lama, serta tahan korosi dan karat.


Baca Juga: Jenis dan Komposisi Baja

• Pipa Logam

Tongkat Pju dekoratif dan klasik adalah jenis tongkat yang menggunakan tabung logam. Bahan pipa metal biasanya lebih ringan dan lebih mudah dibentuk sesuai dengan keinginan.

• Pipa besi bulat

Penggunaan bahan dasar ini sering dipadukan dengan komposit dan pondasi pelat dasar lubang baut. Kap lampu menggunakan komposit FRP atau kombinasi bahan logam. Tiang lampu dengan pipa besi bulat sering digunakan pada lampu antik.