Contact Us

Apa yang dimaksud dengan pertashop?

Apa yang dimaksud dengan pertashop?
01-02-2023
Pertashop


Pertashop (Pertamina Shop) adalah gerai ritel Pertamina dengan skala tertentu yang bersedia melayani kebutuhan konsumen akan BBM nonsubsidi, elpiji nonsubsidi dan produk retail Pertamina lainnya dengan mengutamakan lokasi layanan di kota atau kota yang membutuhkan layanan produk retail Pertamina.

Apa itu Pertashop?


Selain mengoperasikan SPBU, PT Pertamina (Persero) juga mengoperasikan Pertamina Shop atau Toko Pertamina di berbagai daerah. Pertashop (Toko Pertamina) adalah agen distribusi kecil di bawah naungan PT Pertamina yang melayani konsumen di tingkat desa atau wilayah di luar area SPBU.


Melansir dari laman resmi Pertamina, Pertamina Shop merupakan retail outlet Pertamina untuk skala tertentu guna memenuhi kebutuhan konsumen akan BBM nonsubsidi, elpiji nonsubsidi dan produk retail Pertamina lainnya. Titik penjualan ini mengutamakan titik layanan di kota atau kota yang jauh dari SPBU.

Baca Juga : Alasan Menggunakan Struktur Baja

Apa fungsi dari pertashop?


Pertashop berfungsi sebagai agen distribusi SPBU pada level yang lebih kecil. Berbeda dengan SPBU, Pertashop hanya menjual BBM Pertamax dan Pertalite serta LPG non subsidi yaitu Bright Gas.

Kehadiran SPBU mini ini bersaing dengan SPBU biasa. Pertamina Shop mendekatkan layanan BBM skala kecil kepada masyarakat. Dengan Pertamina Shop, masyarakat yang tinggal jauh dari SPBU tetap dapat menikmati layanan Pertamina di tingkat desa. Selain itu, ada syarat jika ingin bekerjasama dengan Pertashop yaitu Persyaratan Afiliasi Pertashop, sebelum mengajukan permohonan menjadi Afiliasi Pertamina Pertashop.
Terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi yaitu sebagai berikut:

• Memiliki legalitas usaha yang berbentuk badan usaha dan/atau badan hukum (CV, koperasi atau PT)

• Memiliki dokumen legalitas lengkap seperti KTP, NPWP, akte perusahaan

• Memiliki lahan untuk mengoperasikan Pertashop

• Mendapatkan rekomendasi dari kepala desa

Pemilihan lokasi Pertashop


Selama proses pendaftaran mitra, Anda harus memilih lokasi dari opsi pada formulir, yang meliputi: kabupaten, kota/kabupaten, kecamatan, kecamatan dan alamat detail lokasi yang direncanakan.
Namun, jika lokasi yang Anda inginkan belum terdaftar, Anda dapat mengajukan lokasi baru menggunakan link di halaman tersebut. Selain itu, diperlukan beberapa persyaratan lokasi, antara lain:

• Akses Desa (akses truk tangki dan akses laut modular)

• Ketersediaan Jaringan Listrik

• Lokasi yang akan dibangun Pertashop memiliki potensi perputaran ekonomi yang baik

• Evaluasi kelayakan tapak akan dilakukan oleh PT. Pertamina (Persero)


Baca Juga: Lampu Sorot sebagai Fasilitas Umum