Contact Us

Alasan Mengapa Menggunakan Struktur Baja

Alasan Mengapa Menggunakan Struktur Baja
01-02-2023
Konstruksi bangunan

Dengan konstruksi yang berkembang pesat, sudah banyak pembangunan yang ada mulai dari gedung-gedung tinggi hingga sarana transportasi dan masih banyak lagi. Salah satu bahan atau komponen yang paling sering digunakan adalah baja, ada banyak alasan mengapa Anda harus menggunakan struktur baja, berikut adalah alasan mengapa Anda harus menggunakan struktur baja.


Apa Alasan Menggunakan Baja?


1. Baja memberikan stabilitas dan kekuatan
Bahan konstruksi baja memberikan stabilitas struktural. Hal ini membuat bangunan menjadi kuat dan kokoh. Baja adalah material logam ringan dan mudah dibentuk yang memungkinkan arsitek, dalam konteks yang lebih luas, bebas mengeksplorasi desain dan mengembangkan bangunan menjadi lebih unik.


Saat menyelesaikan struktur, baja sebagai bahan logam yang dapat ditempa cocok untuk konstruksi fasad, lengkungan, dan lengkungan. Di situlah keuntungan besar dari bahan konstruksi ini disebut baja. Selain kokoh dan kuat, baja merupakan material yang dapat dikerjakan dengan mesin hingga ke detail terakhir. Rancang spesifikasi yang tepat, baja dapat memberikan desain terindah dan terbersih untuk sebuah bangunan. Dan baja tampaknya menjadi masa depan semua perumahan perkotaan.

2. Fleksibilitas
Dalam elemen struktural struktur baja dan struktur baja prefabrikasi presisi tinggi, fleksibilitas merupakan aset karena baja dapat dipasang dengan cepat dan efisien di lokasi konstruksi.


Fleksibilitas material baja dalam pekerjaan konstruksi dapat menghemat waktu secara efisien. Pada bagian pondasi struktur, material baja yang kuat dan ringan dibandingkan material lain seperti beton akan menghemat area galian.

3. Mudah disesuaikan
Persyaratan spasial dapat terus berubah selama siklus hidup bangunan. Dalam keadaan seperti itu, struktur baja sangat fleksibel dan mudah dijangkau. Beberapa bagian, seperti balok dan penyangga, dapat dipindahkan, diperkuat dan juga dilengkapi dengan rangka tambahan, mendukung perubahan kondisi pembebanan.

Baca Juga : Keuntungan Menggunakan Baja

4. Hemat ruang
Baja dapat menciptakan ruang interior yang besar tanpa membutuhkan banyak kolom, sehingga mudah untuk menyesuaikan dan mengatur ruang sesuai kebutuhan.

5. Dapat didaur ulang
Baja merupakan pilihan terbaik untuk desain bangunan berkelanjutan karena dapat didaur ulang secara terus menerus. Jika bangunannya dibongkar, maka akan dibongkar, semua baja bisa dikumpulkan dan disatukan kembali. Hampir 50% dari total produksi baja baru di dunia saat ini sebenarnya adalah baja daur ulang.

6. Tak tertandingi
Beberapa material baru telah ditemukan dalam dunia konstruksi bangunan, beberapa di antaranya sangat populer. Namun, hampir tidak ada bahan bangunan yang dapat menyaingi baja, terutama dalam hal kekuatan, stabilitas, dan ketahanan api. kuat dan stabil secara struktural dan tahan api.

7. Aman
Dengan menggabungkan struktur baja, desain bangunan dapat dicapai untuk keselamatan penghuni yang maksimal dalam situasi bencana. Baja fleksibel dan fleksibel, beberapa gelagar untuk sambungan kolom pada bangunan struktur baja dirancang untuk menahan beban gravitasi. Sambungan yang berperan penting akan meningkatkan ketahanan bangunan terhadap gempa, menjadikan baja sebagai bahan bangunan yang tahan gempa.

8. Estetika
Ketika sebuah bangunan yang terbuat dari baja telah melalui tahap pengisian dinding, penyelesaian eksterior, lantai dan cat, bangunan tersebut terlihat persis seperti struktur beton dan hanya seorang ahli yang dapat membedakannya. Satu-satunya perbedaan yang terlihat oleh orang awam adalah kualitas hasil akhir, tampilan bersih, dan daya tarik estetika.

Manfaat Penggunaan Konstruksi Baja


Baca Juga: Struktur Baja dalam Konstruksi

beberapa manfaat konstruksi baja yaitu:
1. Lebih cepat dalam hal pengerjaan sehingga bisa menekan biaya tenaga pembangunan. Pembangunan struktur baja bisa menghemat waktu pengerjaan berbulan-bulan.

2. Menghemat biaya arsitektur, untuk penggunaan struktur baja Anda tak perlu membungkusnya lagi dengan beton agar terlihat bagus, cukup mengecatnya saja.

3. Struktur lebih kuat dan tahan lama, karena itu tidak hanya memiliki fungsi sebagai bangunan, struktur baja juga bisa dijadikan investasi jangka panjang Anda mengingat harga baja yang tidak akan turun jauh walaupun bekas bongkaran.

4. Sangat cocok untuk bangunan komersil seperti ruko, restoran, maupun rumah kos. Karena pembangunannya cepat, bangunan juga bisa lebih cepat digunakan sehingga keuntungan bisa segera didapatkan.