Contact Us

Struktur Material Baja

Struktur Material Baja
02-02-2023
Baja

Apa itu Struktur Baja?


Pengertian struktur baja adalah suatu struktur logam yang bahan utamanya terbuat dari komponen baja dan disusun satu sama lain secara terstruktur dengan fungsi memikul beban sehingga dapat menjadi lebih kuat dan kokoh. Penggambaran bangunan struktur baja lebih umum pada struktur modern. Struktur ini sangat cocok untuk bangunan bertingkat, bangunan industri berat, menara, bangunan jembatan, rak pipa, infrastruktur dan lain-lain.

Material struktur baja sendiri sebenarnya berasal dari karbon dan besi. Selain itu, dilengkapi dengan bahan tambahan lainnya seperti bahan kimia, mangan dan logam paduan, mangan dan bahan kimia khusus. Tujuannya adalah untuk meningkatkan ketahanan baja itu sendiri dan meningkatkan kekuatannya.

Keuntungan konstruksi baja


Sebelum membahas kekurangannya, terlebih dahulu bahas kelebihan struktur baja. Mari simak baik-baik ulasan berikut ini.

1. Kekuatan besar
Struktur baja ini terbukti memiliki kekuatan yang bisa dibilang sangat tinggi. Inilah yang membuat bahan bangunan ini lebih unggul dari yang lain. Kekuatan yang dihasilkan baja ringan tercermin dari berat per satuan, sehingga potensi beban sendiri sangat kecil. Inilah mengapa baja ringan cocok sebagai bahan bangunan gedung pencakar langit dan jembatan dengan bentang panjang.

2. Berkualitas dalam menangani beban tarik
Konstruksi baja ini memiliki keunggulan yang tidak kalah karena dapat menahan beban tarik. Bahkan mampu mengalahkan material lain, seperti besi yang sangat biasa digunakan untuk konstruksi bangunan.


Baca Juga: Jenis dan Komposisi Baja

3. Seragam karakter
Material artifisial ini seragam karena diproduksi langsung di pabrik, tentunya mengikuti standar kualitas untuk menjamin baja itu sendiri. Tidak hanya itu saja, sifat dari baja ini bersifat abadi dan sangat menguntungkan bagi setiap orang yang menggunakannya.

4. Daya tahan lama
Umur material baja bisa sangat panjang, kurang lebih bisa mencapai satu abad. Tentunya jika Anda bisa menanganinya dengan hati-hati, umur dari baja itu sendiri tentunya bisa lebih lama lagi.

5. Ketangguhan
Itu berarti dapat memiliki fungsi menyerap energi yang cukup besar. Hal ini disebabkan adanya kekuatan dan keuletan yang baik. Sehingga baja dapat memberikan kelenturan, menerima beban geser dan menerima beban kejut.

6. Mudah dirakit dan dihubungkan
Material baja juga mudah dirakit dan disambung. Anda dapat menghubungkan atau merakit baja dengan mengelas, memukau atau Anda juga dapat membuat baut dengan itu. Keunggulan tersebut memungkinkan Anda untuk menginstalnya lebih cepat, yang tentunya menghemat waktu selama konstruksi.

7. Mudah dibentuk
Baja ini mudah dibentuk dan digunakan untuk segala keperluan. Telah dijelaskan di atas tentang sifat dan karakteristik baja yang merupakan tanah liat. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan kerusakan material baja.

8. Pemakaian bisa diulang
Keuntungan lainnya adalah tidak bisa digunakan sekali saja. Anda dapat menggunakannya kembali, meskipun baja tersebut adalah hasil pembongkaran bangunan lama. Tidak hanya itu, bongkar pasangnya pun semudah memasangnya dengan material baja ini.Kekurangan Struktur Baja

Kerugian dari struktur baja


1. Lemah terhadap gaya tekan
Baja memiliki kekuatan yang kuat terhadap gaya tarik, bahkan struktur beton bertulang menggunakan baja tulangan untuk membantu beton menahan beban tarik. Namun, salah satu kelemahan baja adalah kelemahannya dalam kompresi. Maka diperlukan biaya yang lebih tinggi daripada beton jika suatu struktur bangunan memiliki gaya tekan yang tinggi.

2. Ada risiko runtuh
Walaupun baja pada umumnya merupakan material yang memiliki keunggulan daktilitas, sifat daktilitas baja dapat hilang pada kondisi tertentu, sehingga dapat terjadi patah getas dengan kegagalan baja. Yang dimaksud dengan keruntuhan getas adalah keruntuhan yang terjadi secara tiba-tiba tanpa didahului deformasi plastis, artinya tanpa adanya pradeformasi pada material baja, keruntuhan terjadi dengan kecepatan yang sangat tinggi.


Baca Juga: Tips Pondasi Rumah Kokoh!

3. Rentan terhadap perubahan suhu
Jika terjadi kebakaran pada struktur baja maka kekuatan struktur baja akan berkurang yang akan mempengaruhi fungsi struktur baja tersebut. Pada saat kebakaran terjadi proses kenaikan temperatur yang dapat mempengaruhi kekuatan material baja. Jika suatu struktur baja mencapai suhu sekitar 93 C, maka akan terjadi perubahan kurva tegangan dan regangan menjadi tidak linier dan pada saat yang sama titik lebur material akan hilang. Kekuatan struktur baja secara bertahap akan hilang seiring dengan naiknya suhu struktur.

4. Peka terhadap tekuk (buckling)
Tekuk sering terjadi pada komponen baja dengan elemen penampang ramping, seperti kolom ramping. Dalam kebanyakan kasus, kegagalan struktur baja terjadi akibat tekuk. Baja bukanlah pilihan yang baik untuk kolom. Solusinya adalah dengan menggunakan beberapa profil baja yang dihubungkan dengan pelat sambatan dan digabungkan menjadi satu, biasa disebut dengan kolom baja lapis ganda. Sedangkan pada balok tekan dapat ditambahkan pengaku dimana penambahan material pada baja dapat menambah biaya.

5. Biaya perawatan yang relatif tinggi
Baja merupakan material yang sangat sensitif terhadap korosi jika struktur baja bersentuhan langsung dengan air dan udara. Oleh karena itu perlu dilakukan pengecekan secara berkala. Selain itu seperti yang telah dijelaskan pada poin 3 bahwa kekuatan baja menurun jika terjadi kebakaran, untuk mencegah terjadinya kebakaran perlu ditambahkan material lain sebagai pelindung. Tentu saja, ini juga mempengaruhi biaya.