Contact Us

Manfaat Konstruksi Baja pada Rumah

Manfaat Konstruksi Baja pada Rumah
02-02-2023
Konstruksi baja


Apa itu Baja ?


Baja adalah paduan besi dan karbon, kandungan karbonnya berkisar hingga dua persen (dengan kandungan karbon lebih tinggi daripada besi). Baja merupakan bahan yang paling banyak digunakan untuk membangun infrastruktur dan industri di berbagai negara bahkan seluruh dunia.

Sifat Baja


Baja terkenal akan daya tahan, kekerasan, dan ketangguhannya, karena Baja memiliki titik leleh yang sangat tinggi (sekitar 1.510 ° C, lebih tinggi dari kebanyakan logam). Baja juga lebih keras dan kuat secara keseluruhan daripada elemen induknya yaitu besi.

Pengertian Konstruksi Baja


Konstruksi baja adalah konstruksi bangunan dimana baja menjadi pondasi serta struktur bangunannya. Biasanya digunakan untuk bangunan tinggi karena materialnya lebih kokoh dari kayu. Selain kokoh dan kuat, konstruksi baja juga lebih mudah dirangkai, sehingga dapat membuat proses pembangunan lebih cepat selesai dibanding jika menggunakan material lainnya. Jadi walau secara material baja lebih mahal, tapi di sisi lain baja membuat suatu bangunan lebih layak untuk dipilih sebagai andalan dalam konstruksi.

Baca Juga: Tips Pondasi Rumah Kokoh


Manfaat Konstruksi Baja untuk Rumah


Dengan menggunakan baja untuk membangun rumah atau tempat tinggal, Anda akan mendapatkan beberapa manfaat, seperti :

• Bangunan rumah lebih aman, karena lebih tahan terhadap bencana seperti kebakaran, angin kencang, bahkan gempa bumi
• Bangunan rumah lebih stabil, karena baja mampu menopang dirinya sendiri, sehingga material ini akan tetap kokoh walaupun berada di tanah miring
• Pengerjaannya lebih cepat sehingga dapat menghemat biaya pembangunan, karena baja lebih mudah dirangkai, bahan bangunan ini mampu menghemat biaya konstruksi sekalipun secara materi baja lebih mahal harganya

Keunggulan Konstruksi Baja


Beberapa keunggulan penggunaan konstruksi baja yang bisa dijadikan bahan pertimbangan:
1. Daya Tahan yang Kokoh
Dibandingkan kayu atau beton, baja mempunyai rasio tertinggi dalam menahan berat bangunan. Kekokohannya mampu menopang bangunan lebih lama daripada bahan material yang lain.

2. Tahan Api
Tidak hanya kokoh, baja juga tahan terhadap api (tidak mudah terbakar). Sifat baja yang satu ini dapat mengurangi dampak kerusakan bangunan apabila terjadi kebakaran besar.

3. Bisa Didaur Ulang
Baja termasuk bahan bangunan yang ramah lingkungan karena Bisa didaur ulang. Daur ulang akan membuat baja dapat digunakan berulang kali tanpa merusak atau menurunkan kualitasnya.

4. Lebih Tahan Gempa
Walaupun kuat dan kokoh, baja juga memiliki sifat yang fleksibel, artinya konstruksi baja bisa dirancang untuk mendukung beban gravitasi, serta bencana alam seperti gempa bumi.

5. Awet Dan Tidak Mudah Rusak
Baja merupakan salah satu bahan bangunan yang tidak mudah rusak, patah, bengkok, atau terbelah. Baja memiliki tingkat durabilitas tinggi dengan perawatan yang relatif mudah.

Baca Juga: Keuntungan Menggunakan Baja
6. Lebih Mudah untuk Dirangkai
Konstruksi baja dapat diandalkan jika Anda ingin menyelesaikan pembangunan dalam waktu singkat. Karena diproduksi dengan standar yang membuatnya jadi lebih mudah untuk dirangkai, proses instalasi baja akan lebih mudah dibanding kayu atau beton