Contact Us

Lampu Stadion Sepak Bola

Lampu Stadion Sepak Bola
02-02-2023
Konstruksi baja


Seberapa penting lampu di stadion ?


Sepak bola merupakan olahraga yang bisa dimainkan kapan saja. Biasanya pertandingan sepak bola diadakan dimalah hari. Kita bisa lihat disetiap acara pertandingan sepak bola pasti selalu ada pada malam hari. Maka dari itu pentingnya keberadaan lampu sorot di stadion,jadi setiap kita lihat lampu sorot distadion kita menganggap hal itu adalah hal yang biasa atau hal yang wajar.

Lampu stadion adalah salah satu bagian dari stadion yang hampir jarang sekali dibahas, maka dari itu kita akan membahas mengenai pentingnya lampu. Untuk itu, pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang seberapa penting pemakaian lampu di stadion sepak bola.

Baca Juga: Lampu sorot sebagai fasilitas umum

Lampu sorot merupakan bagian penting dalam setiap stadion. Dengan adanya lampu ini, pertandingan sepakbola bisa diselenggarakan di malam hari. Sehingga seisi stadion tidak gelap atau setidaknya terang dan semua terlihat dengan jelas.

Maka dari itu karena pentingnya lampu sorot,dimana lampu sorot memiliki penyanggah atau tiang yang terbuat dari bahan baja atau besi maka dari itu penting dalam memilih besi atau baja yang akan digunakan sebagai penyanggah lampu sorot yang ada. Sehingga lampu sorot yang ada di stadion kokoh dan tidak mengganggu keberlangsungan pertandingan sepak bola.
stadion-stadion di Eropa banyak yang memasang lampu sorot. Dan seiring berjalannya waktu, FIFA pun akhirnya mengeluarkan regulasi bahwa dalam konteks penerangan, setiap stadion wajib memiliki lampu sorot.

Mengapa diwajibkan memiliki lampu sorot?  Mengapa FIFA sampai mengeluarkan aturan tentang lampu sorot? Seberapa penting lampu stadion sepakbola? Selain, untuk memenuhi kebutuhan saat laga digelar malam hari, lampu sorot juga digunakan untuk mengatasi terbatasnya waktu pada siang hari saat musim dingin di Eropa.


Kapan pertama kali lampu stadion digunakan?


Olahraga pertama yang tercatat menggunakan lampu penerangan adalah polo. Ketika itu Ranelagh Polo Club menghadapi Hurlingham Club di Fulham pada 18 Juli 1878. Teknologi lampu penerangan membuat kedua kesebelasan bisa bertanding sampai malam hari.

Di tahun yang sama, pertandingan di Bramall Lane, Sheffield, juga diujicoba menggunakan lampu penerangan. Kala itu, lampu penerangan ditenagai baterai dan dinamo. Tujuan awalnya sebenarnya bukan untuk bermain di malam hari, melainkan menerangi siang yang sendu di musim dingin.

Baca Juga: Tips Memilih Tiang Lampu

Seiring waktu berjalan, operator liga, memberi syarat bagi setiap klub untuk memasang lampu penerangan di stadion. Pemasangan lampu secara permanen menjadi hal yang umum dilakukan, sementara sedikit klub masih menggunakan lampu penerangan sementara sebagai alternatif.