Contact Us

Jenis Penerangan Jalan Umum

Jenis Penerangan Jalan Umum
31-01-2023
Konstruksi baja

Apa itu Penerangan Jalan Umum?


Penerangan Jalan Umum (PJU) adalah infrastruktur lampu yang merupakan pelengkap jalan sehingga dapat digunakan untuk menerangi jalan di malam hari.
Dengan adanya PJU ini, para pejalan kaki, pesepeda dan pengendara kendaraan merasa terbantu untuk dapat melihat lebih jelas jalan/medan yang akan dilalui pada malam hari. Keselamatan berlalu lintas dapat ditingkatkan dan para pengguna jalan akan lebih aman dari kegiatan/aksi kriminal.

Lampu penerangan jalan tersedia dalam berbagai jenis. Berikut adalah jenis-jenis PJU berdasarkan klasifikasinya masing-masing:


Baca Juga: Fungsi Tiang Lampu Jalan


Jenis-Jenis PJU


Berdasarkan tempat
Meski namanya menunjukkan bahwa tiang lampu ini ditujukan untuk jalan raya, namun pemasangannya tidak terbatas pada jalan raya saja. Ya, berdasarkan lokasinya, PJU dapat dibagi menjadi lokasi aplikasi yang berbeda. Yakni mulai dari tiang lampu jalan PJU, tiang lampu PJU untuk taman, trotoar hingga alun-alun.

Model tiang yang digunakan
Jenis klasifikasi PJU selanjutnya didasarkan pada model tiang pancang. Saat ini sudah banyak model tiang lampu yang terpasang di sekitar kita. Perbedaan model tiang lampu disebabkan oleh perkembangan tren desain komponen perkotaan dan kondisi area pemasangan itu sendiri. Berikut beberapa model menara lampu PJU yang umum digunakan:

Apa saja jenis PJU?


• Model antik.
Tiang lampu PJU antik merupakan desain tiang dengan sentuhan antik. Gaya antik sendiri sangat erat kaitannya dengan kenangan masa lalu. Pada umumnya aksen antik ditambahkan pada tiang lampu dengan menyematkan ornamen busur yang berbentuk bunga, daun, binatang atau motif lain yang menyerupai motif benda-benda dekoratif dan perabotan mewah masa lalu.

• Jenis tiang cabang 2.
Seperti namanya tiang jenis cabang, tentunya tiang ini memiliki bentuk yang bercabang. Untuk model 2 cabang artinya ada 2 cabang (double angle), dengan kata lain nanti dipasang 2 lampu. Dengan 2 buah lampu tentunya akan menciptakan pencahayaan yang lebih terang dibandingkan model tunggal.


Baca Juga: Tips Memilih PJU!

• Model tiang cabang 3.
Sama dengan model tiang cabang 2, hanya berbeda jumlah cabangnya. Model tiang lampu berujung 3 ini memiliki tampilan yang lebih mewah dan artistik sehingga sering digunakan sebagai tiang lampu di taman, alun-alun, dll untuk mencerahkan suasana.

• Minimalis.
Tiang model minimalis memiliki bentuk yang sederhana, tidak perlu ukiran dekoratif, namun dapat membuat suasana menjadi lebih menarik karena bentuknya yang futuristik dan elegan. Selain itu biasanya dipasang 1 lampu saja, sehingga harganya relatif lebih murah dibandingkan tiang lampu antik dan bercabang.